Jumat, 24 Juni 2011

ujian dokkai =_=

hari ini ujian terakhir, soal ujiannya paling menguras otak =_= 
ya. dokkai. padahal udah semangat2 nerjemahin kosakata sama satu teks, tetep aja nggak segampang yang dibayangkan. ah udahlah, yang penting UASnya udah selesai! yey \^^/ betewe ini teks dokkai yang udah aku translate, silahkan baca, siapa tahu bermanfaat. ^^


Bagaimanakah Cara Penyebaran Teh?
Pada awalnya dikatakan bahwa teh itu dibawa dari China ke Eropa melalui jalur laut pada awal abad ke-17. Tetapi, bukankah sebenarnya penyebaran itu terjadi lebih awal lagi? Hal yang harus dipikirkan pertama-tama adalah sejak dulu penyebaran itu dibawa melalui jalur lalulintas Asia-Eropa. Dengan kata lain, memasuki abad ke-16, sebelum jalur laut yang mengelilingi Afrika dibuka, hubungan pertukaran dan perdagangan China-Eropa adalah melalui Jalur Sutera. Dengan demikian bukan hal yang aneh jika teh sudah dikenal oleh masyarakat Eropa lebih awal dari yang diketahui. Tetapi saat sekarang ini, tidak ada catatan bukti mengenai teh yang dibawa melalui Jalur Sutera.
Perihal penyebaran teh sudah terjadi lebih awal dari perkiraan sebenarnya bisa diperkirakan dari nama sebutan teh tersebut. Seperti yang telah dijabarkan di paragraf pertama, sebutan untuk teh dibagi menjadi dua grup, yaitu berasal dari bahasa Kanton “CHA” dan bahasa Fujian “TE”. Negara-negara yang memakai sebutan “CHA” untuk teh adalah Jepang, Mongol, Rusia, Benggala, Persia, Arab, Turki, Portugal, dan lainnya. Disisi lain, negara-negara yang menggunakan istilah “TE” adalah Belanda, Spanyol, Inggris, dan lainnya. Menurut Hashimoto, seorang peneliti teh, sebutan-sebutan terbut dibagi berdasarkan jalur penyebarannya, jalur darat dan jalur laut. Maka, istilah “CHA” adalah yang tersebar melalui jalur darat, dan istilah “TE” tersebar melalui jalur laut dan masuk ke daerah Eropa.
Cara penyebaran istilah teh ada hubungannya dengan cara penyebaran teh itu sendiri. Oleh karena itu, rute penyebaran teh ke daerah Eropa pun ada dua kemungkinan, jalur darat maupun jalur laut. Jika demikian, negara yang penyebarannya termasuk lewat jalur darat adalah Mongolia, Rusia, dan Polandia. Rute satunya lagi adalah India, Timur Tengah melewati Turki dan masuk ke Yunani. Akan tetapi, di Eropa Barat hanya Portugal yang menggunakan istilah yang dipakai untuk jalur penyebaran darat. Hal ini dikarenakan pada saat itu daerah Makao di Kanton adalah daerah jajahan Portugal, mereka langsung mengimpor teh dari sana.
Dengan demikian, dapat diperkirakan bahwa teh sudah disebarkan ke daerah Eropa melalui jalur darat lebih awal dari yang diperkirakan. Tetapi karena sampai saat ini belum ada catatan bukti yang pasti, tanpa memperkirakan secara berlebihan, sedapat mungkin kita hanya bisa berharap pada bukti secara historis dan etimologis yang sudah ada saat ini.

3 komentar:

  1. enak ini teksnya, nggak terlalu susah :9

    BalasHapus
  2. iya, tapi nggak banyak keluar...=_=

    BalasHapus
  3. meh. ternyata blog e mbak hanai. :))
    baru kebaca namanya ekekekek

    BalasHapus